Saka Kalpataru Juara 3 Lomba Kelola Sampah

Saka Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo mengikuti lomba Kelola Sampah melalui ecoenzym yang diselenggarakan oleh Kwarda Jateng.

Tiga anggota mewakili lomba tersebut yaitu Dimas Eka Darmawan (XII MIPA 1), Fauzan Surya Ramadhani Gymnastiar (XII MIPA 5), Eyla Naura Putri Herdina (XI IBB) siswa-siswi dari SMA Negeri ! Purworejo.

Lomba tersebut dengan mengirimkan materi berupa video ke secretariat lomba yaitu di Kwarda Jateng.  Setelah pengiriman video diadakan seleksi oleh juri. Dari penilain juri Saka Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten mendapatkan juara III.

Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru adalah Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. Saka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup ini menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Tujuan akhir Saka Kalpataru adalah membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup. Satuan Karya Pramuka Kalpartaru untuk tahap awal meliputi tiga Krida yaitu Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Krida Perubahan Iklim, dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.