Bimtek Perhitungan Baku Mutu Air Limbah dan Baku Mutu Emisi

Dinas Lingkungan Hidup dan perikanan Kabupaten Purworejo menghadiri Bimtek Perhitungan Baku Mutu Air Limbah dan Baku Mutu Emisi diselenggarakan di Hotel Horison Pekalongan pada tanggal 21 – 22 November 22 oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Jateng. Hadir mewakili Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Luqman Hakim S.T.

Narasumber yang dihadirkan untuk Perhitungan Baku Mutu Air Limbah adalah Bapak Dr. Budi Kurniawan, M.Eng dari Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih Organisasi Riset dan Hayati Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sedangkan narasumber untuk Perhitungan Baku Mutu Emisi adalah Bapak Yeremiah R. Tjamin yang aktif mengajar di Universitas Nasional Jakarta.

Materi yang dibahas untuk perhitungan Baku Mutu Air Limbah adalah bagaimana cara menentukan baku mutu lokal pada badan air yang salah satu parameternya telah terlampaui serta juga permodelan seberapa besar dan seberapa jauh dampak yang ditimbulkan oleh efluen IPAL yang dibuang ke badan air. Untuk baku mutu emisi sendiri lebih membahas permodelan sebaran dan cara perhitungan dampak emisi yang dikeluarkan oleh suatu kegiatan dan/atau usaha.