Sambutan Menteri Lingkungan Hidup dalam Hari Lingkungan Hidup

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini mengangkat tema yang berbeda-beda.Pada 2020 ini tema besar yang diangkat adalah Time for Nature dengan fokus pada ‘Biodiversity’ atau ‘Biodiversitas’ atau ‘Keanekaragaman Hayati

 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan sambutan dalam hari lingkungan Hidup Tahun ini. salah satunya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan rumah dari berbagai spesies flora dan fauna yang kaya akan sumber daya genetic dengan tipe ekosistem berlimpah. Keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendikung semua kegaitan di daratan, lautan dan udara.merubah atau menghilangkan salah satu komponen dari jaringan keanekaragaman hayat akan menyebabkan selurauh system berubah dan menimbulkan dampak negative bagi kehidupan manusia.

Untuk itu pemerintah berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia melaui upaya konservasi yang sistematis yakni perlindungan system pendukung kehidupan, pelestarian keanekaragaman spesies dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Pada masa pandemic covid 19 memberikan pelajaran berharga bagi kita semua untuk menjaga keseimbangan alam. Hamper semua negara melakukan lockdown. Sehingga berbagai belahan dunia mengalami perbaikan kulaitas udara dan kualitas air pun ikut baik.

Dari sisi keanekaragaman hayati mucul satwa liar di daerah pemukiman. Bahkan pada beberpa Lembaga konservasi dilaporkan kelahiran satwa-satwa liar.