Peresmian Sekretariat Demang Gedi

Dinas Lingkungan Hidup diundang dalam peresmian sekretariat Kelompok Tani Hutan Demang Gedi yang merupakan Tempat Edukasi Mangrove (TEM), terletak di Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi.

Dengan peresmian sekretariat Kelompok Tani Hutan Demang Gedi ini diharapkan agar kegiatan yang dilaksanakanakan lebih tertata dan terencana karena sudah memiliki tempat yang representatif sebagai pusat kegiatan.

Acara pembinaan dan tasyakuran di Keltan Hutan Demang Gedi dihadiri oleh perwakilan dari CDK VII Kehutanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo, PKL Wibi Purwodadi, Kepala Desa, Ketua BPD dan anggota Kelompok Tani Hutan Demang Gedi.

Dalam acara tersebut juga dikemukakan permasalahan di Keltan Hutan Demang Gedi bahwa tanaman mangrove yang sekarang tidak terlalu lebat dan rimbun tetapi agak meranggas karena adanya serangan dari keong sumpit. Keong sumpit tersebut jumlahnya sangat banyak dan menyerang tanaman mangrove sehingga menyebabkan tanaman tidak tumbuh subur. Ada berbagai alternative untuk mengatasi hal tersebut diantaranya, penyuntikan sistemik yaitu dengan menyuntikkan zat kedalam tanaman sehingga keong sumpit tidak bersarang lagi di tanaman mangrove. Yang kedua dengan memanfaatkan keong sumpit tersebut untuk dijadikan makanan khas Desa Gedangan dan Kelompok Tani Hutan Demang Gedi. Hal ini memerlukan ketelatenan karena jumlahnya yang sangat banyak.