Menuju Madrasah Ramah Lingkungan

MAN Purworejo mengadakan workshop bertema lingkungan.Sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup yaitu dari Bidang Pencegahan pencemaran, Kerusakan Lingkungan dan Bidang Kebersihan dan Pertamanan.

Pemateri pertama menyampaikan materi tentang pencemaran lingkungan lingkungan yang meliputi sumber, karakteristik, pengendalian, dan pengelolaan limbah cair. Diurakan bahwa Sumber pencemaran air terdiri dari sumber langsung dan sumber tidak langsung, Karakteristik limbah cair dapat dilihat berdasarkan jumlah serta kualitas limbah berdasarkan parameter fisik (warna, bau, suhu, padatan terlarut), parameter kimia (kadar senyawa organik dan anorganik), serta parameter biologis yang mencakup organisme termasuk bakteri dalam air. Proses pengolahan limbah cair yaitu penguraian bahan organik dan kontaminan lain melalui proses fisik, kimia, dan biologis. Proses pemulihan air dapat melalui proses pengenceran, pengendapan, proses kimia, dan penguraian bahan organik

Pemateri kedua menyampaikan pengolahan sampah. Sampah terdiri dari sampah organik dan anorganik. Penggunaan sampah organik bisa sebagai pupuk sedangkan anorganik contoh plastik dan kertas sebagai hiasan atau kerajinan.

Workshop tersebut menjadikan MAN Purworejo sebagai sekolah yang berbudaya dan ramah  lingkungan yang bisa mencegah pencemaran dan mengolah sampahnya sendiri. Yang didukung oleh warga sekolah baik itu guru, karyawan dan siswa-siswinya.